Era persaingan kerja yang semakin ketat membuat kompetensi tidak lagi menjadi satu-satunya indikator dalam menilai kualitas tenaga kerja. Komunikasi dan interaksi positif dengan semua pihak di tempat kerja juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, Asando senantiasa memastikan bahwa seluruh karyawan dapat memberikan pelayanan prima kepada semua pihak yang terlibat dalam proses kerja, baik kepada sesama karyawan maupun kepada seluruh mitra usaha Asando.
Berkolaborasi dengan Cakap, sebuah platform pendidikan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, Asando kembali menggelar pelatihan bertajuk Pelatihan Pelayanan Prima yang berlokasi di Working Zone pada 25 Februari 2023. Pelatihan ini diikuti oleh Karyawan Asando di seluruh fungsi termasuk resepsionis, pengemudi, cleaning service, office boy/girl, satpam, dan handyman yang ditempatkan di berbagai mitra usaha Asando seperti:
- Indonesia Financial Group
- Asuransi Jasindo
- Asuransi Jasindo Syariah dan
- Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia
Pelatihan ini bertujuan untuk membantu Karyawan Asando meningkatkan keterampilan pelayanan dan membangun hubungan kerja yang positif dengan semua pihak yang terlibat dalam proses kerja, sehingga dapat meningkatkan citra positif bagi perusahaan.
Seluruh peserta aktif terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti memberikan umpan balik tentang cara mereka memberikan pelayanan di tempat kerja, berbagi pengalaman yang relevan, berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan berlatih keterampilan komunikasi melalui role–play. Dalam sesi role-play, dua peserta diminta untuk berperan sebagai karyawan yang menangani keluhan pelanggan yang sulit dengan mengembangkan keterampilan yang telah mereka pelajari selama pelatihan.
Sebagai akhir dari pelatihan, dilakukan aktivitas team-building yang mengedepankan kolaborasi. Peserta diminta untuk membangun sebuah menara dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dalam waktu yang terbatas. Melalui aktivitas ini, peserta diajarkan bahwa meskipun sebuah tugas terlihat mustahil dilakukan secara individu, namun dengan komunikasi dan kolaborasi yang efektif, segala sesuatu dapat dicapai.
Dengan mengikuti pelatihan Pelayanan Prima dari Asando dan Cakap, para karyawan tidak hanya menjadi lebih kompeten dalam menjalankan tugas-tugas mereka, tetapi juga mampu memberikan pelayanan yang sangat baik dalam segala situasi di tempat kerja. Mereka dilengkapi dengan keterampilan sikap dan komunikasi yang memadai, serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan dengan cepat dan efektif.